Manajemen Resiko

Perseroan dalam menjalankan usaha di bidang Indutri pupuk NPK, tidak menutup adanya kemungkinan menghadapi berbagai risiko yang timbul, secara umum, tingkat risiko yang dihadapi Perseroan dapat digambarkan sebagai berikut:

Risiko Kenaikan Harga Bahan Baku
Risiko kenaikan harga bahan baku timbul karena adanya volatilitas harga bahan baku yang disebabkan oleh pelemahan nilai tukar Rupiah dan kenaikan harga minyak atau gas bumi. Perseroan mendapatkan bahan baku dari pihak pemasok baik dalam maupun luar negeri. Untuk memitigasi risiko di atas, Perseroan membuat kontrak pembelian bahan baku dengan harga yang sudah disepakati selama masa kontrak dimana harga jual produk disesuaikan dengan harga beli bahan baku. Hal ini bertujuan untuk menjaga margin keuntungan Perseroan.

Risiko Penurunan Harga Komoditas Pupuk
Kenaikan dan penurunan harga bahan baku pupuk mempengaruhi harga jual produk Perseroan. Risiko penurunan harga komoditas pupuk akan menurunkan harga jual produk Perseroan yang pada akhirnya akan memberikan dampak negatif terhadap pendapatan Perseroan, namun tidak mempengaruhi secara material terhadap profitabilitas Perseroan. Untuk memitigasi risiko penurunan harga komoditas pupuk, Perseroan menjaga marjin harga jual produk Perseroan kepada para konsumen. Selain itu, penjualan produk Perseroan juga dilakukan dalam bentuk kontrak penjualan yang formulasinya menggunakan referensi harga bahan baku internasional.

Risiko Penurunan Harga CPO
Risiko penurunan harga Crude Palm Oil (“CPO”) mengakibatkan perkebunan kelapa sawit berusaha melakukan efisiensi dan pengurangan frekuensi pemupukan, sehingga mengurangi jumlah konsumsi pembelian pupuk. Efisiensi operasional di perkebunan kelapa sawit ataupun pengurangan operasional perkebunan kelapa sawit dapat mempengaruhi secara langsung penggunaan pupuk. Pengurangan frekuensi pemupukan, volume pemupukan serta penggunaan jumlah pupuk dalam aktivitas perkebunan akan menurunkan permintaan akan pupuk secara umum, dan pupuk NPK secara khususnya. Untuk memitigasi risiko penurunan harga CPO, Perseroan senantiasa mengembangkan basis konsumen Perseroan dengan menambah jumlah konsumen Perseroan, dan terutama kepada perkebunan yang mampu melakukan aktivitas pemupukan terlepas dari harga jual CPO.

Risiko Persaingan Usaha
Terdapat 7 (tujuh) produsen pupuk NPK di Indonesia yang memiliki kapasitas produksi yang cukup besar dan Perseroan memasok pupuk NPK non-subsidi sekitar 4,5-5% dari total kebutuhan nasional yang mencapai 7,5 juta ton. Dengan penguasaan pasar sebesar ini, dapat menimbulkan dinamika persaingan usaha pupuk, seperti perang harga di pasar akibat persaingan. Untuk memitigasi risiko di atas, Perseroan senantiasa mengembangkan pasar pada perkebunan-perkebunan yang masih menggunakan pupuk tunggal untuk beralih kepada pupuk majemuk. Selain itu, Perseroan juga selalu menjaga kualitas produk Perseroan dan menjaga hubungan baik dengan para konsumen.

Risiko Perubahan Nilai Tukar Mata Uang Asing
Untuk risiko fluktuasi nilai tukar, Perseroan dalam melakukan kegiatan usahanya sebagian besar mengunakan mata uang Rupiah, sehingga Perseroan tidak merasakan pengaruh yang signifikan terhadap fluktuasi nilai tukar mata uang asing.

Risiko Kenaikan Tingkat Suku Bunga
Kenaikan suku bunga dapat berdampak negatif bagi kegiatan usaha Perseroan, karena kenaikan suku bunga akan mengakibatkan meningkatnya biaya pinjaman yang pada akhirnya dapat berdampak pada penurunan laba bersih Perseroan. Selain itu juga berakibat pada meningkatnya biaya yang dikeluakan Perseroan untuk memperoleh pendanaan baru untuk pengembangan usaha baik untuk modal kerja maupun untuk belanja modal.

 

HEAD OFFICE
Surya Inti Permata Juanda Super Blok A-52
Jl. Raya Juanda, Wedi, Gedangan, Sidoarjo, Jawa Timur

OPERATIONAL OFFICE
AMG Tower, 20th Floor, Jl. Dukuh Menanggal 1-A,
Gayungan, Surabaya 60234, Jawa Timur.
Phone: +62-31 82516888, Fax: +62-31 82516555

 

BRANCH OFFICE
Centennial Tower, 29th G Floor,
Jl. Gatot Subroto Kav. 24 - 25, Jakarta 12930
Phone: +62-21 22958480

Website: www.saraswantifertilizer.com
Email: corsec@saraswanti.com