Komite Nominasi & Remunerasi

Komite Nominasi dan Remunerasi adalah komite yang dibentuk oleh dan bertanggung jawab kepada Dewan Komisaris dalam membantu melaksanakan fungsi dan tugas Dewan Komisaris terkait nominasi dan/atau remunerasi terhadap Anggota Direksi atau Anggota Dewan Komisaris, sebagaimana yang tertuang dalam POJK No. 34/POJK.04/2014 tentang Komite Nominasi dan Remunerasi Emiten atau Perusahaan Publik. Dalam pengertian ini, nominasi adalah pengusulan seseorang untuk diangkat dalam jabatannya sebagai Anggota Direksi atau Anggota Dewan Komisaris. Sedangkan remunerasi merupakan imbalan yang ditetapkan dan diberikan kepada Anggota Direksi atau Anggota Dewan Komisaris karena kedudukan dan peran yang diamanatkan sesuai dengan tugas, tanggung jawab dan wewenangnya.
 
Struktur dan Keanggotaan Komite Nominasi dan Remunerasi
Secara struktural Komite Nominasi dan Remunerasi dibentuk dan berada di bawah koordinasi Dewan Komisaris dan bertanggung jawab kepada Dewan Komisaris yang diketuai oleh seorang Anggota Dewan Komisaris Independen. Dewan Komisaris dengan kewenangannya telah menerbitkan Surat Keputusan Dewan Komisaris tertanggal 1 Juli 2019 tentang Pengangkatan Ketua dan Anggota Komite Nominasi dan Remunerasi.
 
Adapun susunan keanggotaan dan ketua Komite Audit Perseroaan adalah:
Wardiyono
Ketua Komite Nominasi dan Remunerasi
Profil telah ditampilkan pada pembahasan Profil Dewan Komisaris.
 
Sukarno
Anggota Komite Nominasi dan Remunerasi
Profil telah ditampilkan pada pembahasan Profil Dewan Komisaris.
 
Elly Widjajanti
Anggota Komite Nominasi dan Remunerasi
Warga Negara Indonesia. Saat ini berusia 52 tahun.
Meraih gelar Sarjana Pertanian dari Institut Pertanian Bogor pada tahun 1991.
Beberapa jabatan yang pernah dipegang dan masih dipegang antara lain: menjabat sebagai HRD sejak tahun 2001 hingga saat ini. Sebelum menjabat sebagai HRD, jabatan lainnya yang pernah dipegang adalah Marketing di PT Saraswanti Anugerah Makmur (2001), HRD di PT Polowijo Gosari (1992 – 2000), dan Marketing di PT Polowijo Gosari (1992)
 
Masa Jabatan Komite Nominasi dan Remunerasi
Masa jabatan anggota Komite Nominasi dan Remunerasi diatur berdasarkan Anggaran Dasar Perseraon serta mengacu pada OJK No. 34/POJK.04/2014 Pasal 4 yang menyebutkan bahwa masa jabatan anggota Komite Nominasi dan Remunerasi tidak lebih lama dari masa jabatan Dewan Komisaris sebagaimana diatur dalam Anggaran Dasar dan dapat dipilih kembali.
 
Tugas dan Tanggung Jawab
Tugas dan Tanggung Jawab Komite Nominasi dan Remunerasi meliputi:
1 Memberikan rekomendasi kepada dan/atau membantu Dewan Komisaris, mengenai:
  Komposisi jabatan Direksi dan Dewan Komisaris
  Kebijakan dan kriteria yang dibutuhkan dalam proses nominasi anggota Direksi dan anggota Dewan Komisaris
  Kebijakan evaluasi kinerja bagi anggota Direksi dan anggota Dewan Komisaris
  Program pengembangan untuk anggota Direksi dan anggota Dewan Komisaris
2 Membantu Dewan Komisaris melakukan penilaian kinerja anggota Direksi dan anggota Dewan Komisaris berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan.
3 Memberikan usulan calon yang memenuhi syarat sebagai anggota Direksi dan anggota Dewan Komisaris kepada Dewan Komisaris untuk disampaikan kepada RUPS untuk mendapatkan persetujuan.
4 Memberikan rekomendasi kepada dan/atau membantu Dewan Komisaris mengenai:
  Struktur remunerasi anggota Direksi dan anggota Dewan Komisaris Kebijakan atas remunerasi anggota Direksi dan anggota Dewan Komisaris
  Besaran atas remunerasi anggota Direksi dan anggota Dewan Komisaris
5 Membantu Dewan Komisaris dalam melakukan penilaian kesesuaian remunerasi yang diterima masing-masing anggota Direksi dan anggota Dewan Komisaris terkait dengan kinerja mereka.
 
Independensi Komite Nominasi dan Remunerasi
Seluruh anggota Komite Nominasi dan Remunerasi menjaga independensi dalam pelaksanaan tugas dan tanggung jawabnya. Komite Nominasi dan Remunerasi yang dibentuk Perusahaan telah memenuhi kriteria independensi, keahlian, pengalaman, dan integritas.
 
Pelaksanaan Kegiatan Komite Nominasi dan Remunerasi pada 2019
Komite Nominasi dan Remunerasi Perseroan dibentuk sekitar pertengahan 2019 atau menjelang persiapan Perseroan menjadi Perusahaan Terbuka. Selama periode semester kedua 2019, Komite Nominasi dan Remunerasi telah mengusulkan perubahan Imbalan bagi Anggota Direksi dan Anggota Komisaris. Di samping itu, untuk periode 2020 Komite Nominasi dan Remunerasi telah menyusun Rencana Kerja dan Anggaran Tahunan untuk diimplementasikan pada tahun yang bersangkutan.

 

HEAD OFFICE
Surya Inti Permata Juanda Super Blok A-52
Jl. Raya Juanda, Wedi, Gedangan, Sidoarjo, Jawa Timur

OPERATIONAL OFFICE
AMG Tower, 20th Floor, Jl. Dukuh Menanggal 1-A,
Gayungan, Surabaya 60234, Jawa Timur.
Phone: +62-31 82516888, Fax: +62-31 82516555

 

BRANCH OFFICE
Centennial Tower, 29th G Floor,
Jl. Gatot Subroto Kav. 24 - 25, Jakarta 12930
Phone: +62-21 22958480

Website: www.saraswantifertilizer.com
Email: corsec@saraswanti.com